Sejarah Desa Teluk Bakau

 Sejarah Desa

                  Desa Teluk Bakau adalah sebuah desa yang terbentuk atas keinginan seluruh warga masyarakat baik Pemuka Agama, Tokoh Agama dan Pemuda serta seluruh elemen masyarakat lainya. Luas wilayah Desa Teluk Bakau pada saat ini diperkirakan + 112,12 km2 terbagi menjadi 2 (dua) Peruntukan Wilayah yaitu Pariwisata dan Perkebunan Pertanian. Nama Teluk Bakau itu sendiri berasal dari nama sebuah pantai yang konon pada zaman dahulu pantai tersebut merupakan sebuah pantai cekung yang di kenal dengan sebutan pantai TELUK AIR, disepanjang pantai tersebut banyak di tumbuhi Pepohonan Bakau yang berguna sebagai penangkal abrasi air laut saat pada musim utara. Melihat dari hal tersebut lah maka di sebut lah dengan nama DESA TELUK BAKAU.

Nama Teluk Bakau itu sendiri merupakan penggabungan atas 2 kata yaitu Teluk berasal dari kata Teluk Air dan Bakau berasal dari kata Pohon Bakau yang tumbuh di sepanjang pantai Teluk Air. Pada zaman dahulu kepala kampung atau dikenal dengan penghulu merupakan orang yang di tua kan di suatu desa dimana Desa Teluk Bakau banyak memiliki ketua-ketua kampung yang mempunyai karismatik salah satu nya adalah BAPAK H. SIDIK (alm) dimana beliau merupakan tokoh agama yang disegani baik di Desa Teluk Bakau maupun di Desa-Desa tetangga seperti Desa Malang Rapat, dan Desa Berakit. Bapak H. SIDIK mempunyai 4 orang anak dan salah satu nya adalah seorang Kepala Desa terpilih sebagai kepala Desa Teluk Bakau yang ke 2.

Desa Teluk Bakau juga memiliki catatan sejarah yang cukup menarik karna di Desa Teluk Bakau merupakan Objek Wisata serta lahan Perkebunan Sawit terbesar khusus nya di kabupaten bintan, hal ini di buktikan dari zaman dahulu Teluk Bakau sudah memiliki bebrapa Hotel atau Tempat Wisata serta Perkebunan sebagai berikut :

  1. BINTAN AGRO BEACH RESORT               7. KELONG PANCING HELLY
  2. TRIKORA BAY VIEW                                         8. RUMAH MAKAN ROBIN
  3. BINTAN SPA VILLA                                             9. PEARL BEACH RESORT
  4. LAGUNA RESORT                                              10. BINTAN VILLA BEACH RESORT
  5. SAHID RAYA BINTAN                                      11. LA KORA
  6. SHADY SHACK                                                    12. BINTAN BEACH CLUB
  1. TASIK DRIVE                     14. WHITE SAND                15.BINTAN NEMO              16. NIKOI ISLAND 

PERKEBUNAN :

  • PERKEBUNAN TIRTA MADU

           Selain berpotensi di bidang pariwisata Teluk Bakau juga mempunyai potensi dibidang budaya yang pada umum nya masyarakat Teluk Bakau menggunakan budaya melayu, tidak hanya itu budaya-budaya di Teluk Bakau beragam warna hal ini karna Teluk Bakau memiliki berbagai macam suku antara lain : Melayu, Jawa, Buton, Tiong Hua, Bugis, Flores,Padang,Bawean,Batak dan Lain-lain. Tidak hanya kaya  akan berbagai macam suku, teluk bakau juga memeluk erat pola gotong royong dimana saat ada acara-acra besar masyarakat teluk  bakau selalu mengedepankan pola gotong royong.

Bagikan

04 Comments

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Sit amet nibh vulputate cursus a sit amet mauris lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor, nisi elit consequat ipsum, nec sagittis sem nibh id elit. Duis sed odio http://themeforest.net Morbi accumsan ipsum velit. Nam nec tellus a odio tincidunt auctor a ornare odio. Sed non mauris vitae erat

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh..

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Aenean sollicitudin, lorem quis bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet..

Kevin Martin Sep 15, 2020

Reply

Bibendum auctor Lorem ipsum dolor sit amet of Lorem Ipsum. Proin gravida nibh vel velit auctor aliquet. Aenean sollicitudin, lorem quis, nisi elit consequat ipsum, nec sagittis sem nibh id elit. Duis sed odio sit amet nibh vulputate cursus a sit amet mauris http://themeforest.net Morbi accumsan ipsum velit. Nam nec tellus a odio tincidunt auctor a ornare odio. Sed non mauris vitae erat

Leave a Reply